Kuisioner Kasus Korupsi dimata masyarakat
No
|
PERTANYAAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Sifat tamak
manusia membuat seseorang melakukan tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Korupsi disebabkan
karena moral seseorang yang kurang kuat dalam menghadapi godaan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Seseorang tergoda
melakukan korupsi karena penghasilan kurang mencukupi kebutuhan hidup yang
wajar
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Adanya kebutuhan
hidup yang mendesak, seseorang dapat melakukan tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Korupsi dapat
disebabkan karena gaya hidup konsumtif dan bermewah-mewahan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Sesorang melakukan
tindak pidana korupsi karena tidak mau bekerja keras atau bermalas-malasan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Ajaran agama yang
kurang diterapkan secara benar berakibat pada seseorang berani melakukan
tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
No
|
PERTANYAAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Kurang adanya teladan dari pimpinan pemerintah menyebabkan
seseorang melakukan tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Korupsi terjadi karena tidak adanya kultur
pemerintahan yang benar
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Sistem akuntabilitas yang kurang memadai memberi peluang
untuk melakukan korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Manajemen yang tidak transparan cenderung menutupi korupsi
di dalam instansi pemerintah
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Adanya korupsi disebabkan karena Birokrasi yang panjang
dan berbelit-belit
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Pelayanan publik yang rendah memberi peluang untuk
melakukan korupsi.
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
|
Korupsi disebabkan karena lemahnya sistem pengendalian
instansi pemerintah
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
No
|
PERTANYAAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Peraturan perundang-undangan yang monolistik dan
menguntungkan kerabat menjadi peluang untuk melakukan korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
2.
|
Kualitas perundang-undangan yang tidak memadai menyebabkan
korupsi tinggi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
3.
|
Tidak adanya sosialisasi perundang-undangan memberi
peluang bagi seseorang untuk melakukan korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
4.
|
Seseorang melakukan korupsi karena sanksi yang dijatuhkan
sangat ringan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
5.
|
Korupsi terjadi karena penerapan sanksi yang tidak
konsisten dan pandang bulu
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
6.
|
Lemahnya bidang evaluasi dan revisi perundang-undangan
menyebabkan korupsi semakin tinggi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
7.
|
Belum adanya Perda kebebasan informasi dan tatacara
penyampaian aspirasi memberi peluang melakukan korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
No
|
PERTANYAAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Korupsi terjadi karena masyarakat lemah dalam melakukan
pengawasan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
2.
|
Korupsi merajalela karena lembaga pengawas tidak
independen
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
3.
|
Lemahnya pengawasan dari partai membantu pejabat melakukan
korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
4.
|
Media lemah dalam memberikan kontrol terhadap jalannya
kepemerintahan sehingga korupsi terus berjalan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
5.
|
Korupsi disebabkan karena tidak ada mekanisme pengawasan
yang dapat dipertanggungjawabkan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
6.
|
Korupsi terjadi karena DPRD lemah dalam mengawasi kinerja
eksekutif
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
7.
|
Lembaga peradilan yang tidak independen membuat seseorang
berani melakukan korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
No
|
PERTANYAAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Kenaikan pajak dan retribusi yang tidak wajar
merupakan bagian dari tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
2.
|
Korupsi bisa berbentuk pemberian dana perimbangan (DAU
& DAK) yang tidak proporsional
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
3.
|
Adanya korupsi disebabkan karena manipulasi dan
meninggikan harga pada pos belanja rutin
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
4.
|
Adanya pos titipan dari dinas atau unit kerja lain adalah
bagian dari tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
5.
|
Pemberian honor kepada petugas atau unit kerja tertentu
bagian dari tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
6.
|
Modus tindak pidana korupsi biasanya dilakukan dengan cara
memperbesar jumlah anggaran
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
7.
|
Biaya
perjalanan dinas dari berbagai sumber merupakan tindak pidana korupsi apalagi
untuk tujuan perjalanan yang sama
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
8.
|
Pengeluaran
yang tidak wajar atas kegiatan tertentu merupakan bentuk tindak pidana
korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
9.
|
Bentuk tindak
korupsi bisa berupa pengeluaran anggaran yang tidak sesuai dengan prioritas
pembangunan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
10.
|
Belanja publik
yang tidak dilandasi dengan ukuran/indikator kinerja yang jelas merupakan
tindak pidana korupsi
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
11.
|
Tindak pidana
korupsi bisa berupa penganggaran proyek yang lebih dari satu kali dalam satu
tahun anggaran
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
12.
|
Biaya
administrasi proyek dapat dijadikan pendapatan
|
STS
|
TS
|
TT
|
S
|
SS
|
Analisis.
- Populasi Target : Rakyat Indonesia
- Kerangka Sample : Masyarakat Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Karawang.
- Unit Sample : Kuisioner disebar kepada masyarakat yang berumur 20-59 tahun dan berpendidikan terakhir dari SLTA sampai S3.
- Penentuan Ukuran Sample : dalam penentuan ukuran sample peneliti yakin bahwa 95% data yang ada dapat terpenuhi dengan toleransi 5%.
- Metode Pemilihan Sample : Metode pemilihan sample dilakukan secara acak atau dengan menggunakan probabilitas, yang memungkinkan banyak kemungkinan yang terjadi.
- Skala Pengukuran : skala pemgukuran bersifat rasio yang menyatakan kategori, peringkat, jarak, serta perbandingan.
- Metode Pengukuran sikap : Metode pengukuran sikap bersifat kognitif yang berarti kesadaran seseorang terhadap pengetahuannya terhadap kuisioner atau penelitian yang dilakukan.
- Skala : Skala yang digunakan pada kuisioner ini berjenis likert yang menyatakan kuisioner berisikan pertanyaan atau pilihan sangat tidak setuju, tidak setuju, tengah-tengah, setuju, sangat setuju.
Referensi : http://www. eprints.undip.ac.id/24295/1/M
sangat membantu terima kasih
BalasHapus